Alviyah ibnu aqil

Sungguh indahnya Alam ini beserta isinya

Ada apakah dengan pembalut bergel???????

139 Komentar

 Gambar

Kamu wanita tentunya akan  mengalami mensturasi, pada masa ini kamu akan  memerlukan pembalut untuk menyerap cairan  yang keluar dari vagina. Untuk pemakaian pembalut harus dilihat dari kualitas pembalut tersebut, apakah berbayaha atau tidak. Jika berbahaya itu maka pembalut tersebut tidak berkualitas dong,,,, benar kan????? dan artinya pembalut tersebut tidak boleh digunakan. Mengapa pembalut biasa itu berbahaya???  Terbuat dari apa pembalut tersebut ????

Hal demikian disebabkan karena bahan yang digunakan untuk membuat pembalut bukan dari kapas murni melainkan dari kertas daur ulang yang telah di proses dengan bahan-bahan kimia . Sehingga menjadi putih ditambah dengan pemutih, bayangkan pembalut  yang  kamu gunakan adalah barang yg langsung kontak dengan organ kewanitaan . Iiihh mengerikan sekali yahhh……

Selain itu pasti ada kandungan yang membuat pembalut tersebut berbahaya. Apakah kandungan yang ada di dalamnya??????

Menurut penelitian para ilmuan bahwasannya pembalut tersebut ada yang mengandung gel, zat dioxin, dan lain-lain.  Tahukah kamu selain zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya  terdapat pula sebanyak 107 bakteri per milimeter persegi….”woww tidak disangka yah..???” bakteri tersebut  ditemukan di atas pembalut wanita biasa, kondisi inilah yang membuat pembalut biasa menjadi sumber sarang pertumbuhan bakteri merugikan, meski pembalut biasa hanya dipakai selama 2 jam saja. Bayangkan banyaknya bakteri pada permukaan seluas pembalut, apalagi jika dipakai lebih dari 2 jam. Pada umumnya kebanyakan bakteri  itu bersifat merugikan, tentunya ada juga  bakteri yang menguntungkan.

Seperti yang dijelaskan diatas ada beberapa zat kimia yang membahayakan. Yaitu zat dioxin. Apakah  dioxin itu??? Dan apa penyebab dari dioxin???

Dioxin merupakan bahan pencemar lingkungan, zat kimia dioxin ini dalam bentuk gas klorin. Dioxin menjadi perhatian karena zat tersebut sangat beracun. Percobaan telah menunjukkan bahwa mereka dapat mempengaruhi sejumlah organ dan sistem. Setelah dioxin memasuki tubuh, mereka bertahan lama karena stabilitas kimia dan kemampuan dioxin untuk diserap oleh jaringan lemak, di mana mereka kemudian disimpan dalam tubuh.  Dan katanya dioxsin tersebut bisa menyerap ke dalam rahim.  Bila darah haid (bersifat panas) jatuh ke permukaan pembalut , maka zat dioxin akan dilepaskan melalui proses penguapan. Uap tersebut pertama-tama akan mengenai permukaan vagina, kemudian diserap ke dalam rahim melalui saluran Serviks, lalu masuk ke uterus, melalui tuba fallopi dan berakhir di ovarium. Sehingga menyebabkan : kanker leher rahim, gatal-gatal, myoma dan lain-lain.

Selanjutnya ada apakah dengan gel ??? Apakah baik menggunakan pembalut ber gel ??? Jika tidak akan menyebabkan apa???

Sebagai wanita  harus teliti melihat isi yang ada dalam pembalut salah satunya kadungan gel yang terdapat dalam pembalut, gel yang terdapat dalam pembalut sangat bermanfaat untuk penyerapan agar permukaan pembalut pada saat digunakan agar tetap kering karena gel memiliki daya serap yang tinggi, tetapi kamu harus teliti gel yang seperti apa yang terdapat dalam pembalut dan Efek gel tersebut.

Menurut Dr. Boyke, pemberian pemutih atau pewangi buatan pada pembalut, maka dikhawatirkan akan timbul reaksi alergi, yang bisa berlanjut ke keputihan dan radang atau infeksi.  Sebab gel dalam pembalut kebanyakan dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan timbulnya rasa gatal yang   mengandung 70 persen jamur Candida albicans. Candida albicans secara mikroskopis berbentuk oval dengan ukuran 2-5 x 3-6 mikron. Klasifikasi berdasarkan taksonomi menurut Dumiah (1992) adalah divisi eumikotina, family Cryptococcaceae, genus candida, dan spesies Candida albicans.

Pada   pembalut airis yang mengandung bahan gel berfungsi menyerap cairan.  Sifat gel yang mengikat air mampu mempertahankan permukaan agar tetap kering.   Pembalut biasa yang mengandung gel tersebut merupakan gel dari bahan kimia bukan dari bahan alami. Cara untuk mengetes apakah bahan yang di gunakan adalah gel kimia atau gel alami, adalah dengan cara menggosokkan gel tersebut di kulit anda. Biasanya bila gel yang di gunakan adalah gel kimia, maka reaksi pada kulit adalah rasa panas, beberapa orang bahkan alergi dengan bahan tersebut sehingga menimbulkan gatal-gatal. Gel dalam pembalut ada dua dari sintetis (berbahan kimiawi) terbuat dari Sodium polyacrylate. Sodium Polyacrylate merupakan bahan yang berbentuk serbuk sebagai super absorbent yang hebat, memiliki daya serap lebih dari 100 kali dari beratnya di dalam air. Bahan kimia inilah yang mengubah cairan menjadi gel yang akan menempel di kulit  dan menimbulkan alergi. Disamping itu, bahan ini juga dicurigai sebagai biang keladi iritasi kulit dan demam. Bahan ini juga dapat merusak daya tahan tubuh. Dan jelly (berbahan Alami), tentu pembalut yang sangat aman digunakan adalah dari jelly karena terbuat dari tumbuh-tumbuhan begitu juga perekat yang digunakan pada pembalut yang aman adalah yang terbuat dari food greet yaitu sejenis bahan makanan permen karet yang aman sehingga tidak menimbukan iritasi pada daerah vagina.

Nahh sudah tau kan bagaimana pembalut ber gel itu?? Maka jangan lah menggunakannya begitu pula dengan pembalut-pembalut biasa yang tidak berkualitas.

Lantas pembalut yang sehat itu seperti apa yaa???

Pembalut wanita yang berkualitas adalah berubahan baku kain (kapas), mengandung gel alami yang banyak untuk menyerapan cairan yang baik, memiliki sirkulasi udara agar pemakai tetap nyaman (tidak menimbulkan bau busuk berbakteri). Contoh pembalut yang sehat atau berkualitas yaitu  avail, kamu pasti tau kan??? Avail ini salah satu produk unggulannya adalah pembalut yang diciptakan dengan bahan dasar 100 % kapas. Diolah dengan bio teknologi, mengandung herbal dan anti septik alami, bebas dari bahan-bahan kimia. Pastinya akan terasa aman dan sehat selalu.

Referensi

isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/242097993.pdf

weenbee.files.wordpress.com/2011/09/booklet-kespro-pdf.pdf

http://rumahkanker.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=36

http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/114/jtptunimus-gdl-farikhatul-5689-2-babii.pdf

http://gitamala.multiply.com/journal/item/2/Pembalut-yang-sehat-untuk-perempuan?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

http://www.farmasiku.com/index.php?target=pages&page_id=Perawatan_Organ_Wanita

Penulis: alviyahibnuaqil

kobarkan api semangat juangmu untuk menuju masa depan yang cerah

139 thoughts on “Ada apakah dengan pembalut bergel???????

  1. wah ternyata banyak macam hal di keseharian kita yang udah ga aman yah, klo kita bandingin pembalut biasa dengan pmbalut dr kapas alami secara ekonomis itu beda banget 1: 7 mungkin yahh, terus gimana antisipasi lain selain beli pembalut herbal?

  2. menurut anda apakah pembalut atau pantyliners yang menggunakan sirih juga berbahaya?karena pada saat pemakaian ada sedikit rasa panas..padahal yang kita tau sirih itu adalah salah saatu antiseptic terbaik untuk tubuh terutama untuk organ2 genital seperti vagina.bagaimana pendapat anda?karena orang juga akan membeli pembalut dengan kandungan sirih tp kenapa justru mengefekkan rasa panas?

  3. 1. Dalam kehidupan sehari –hari, kebanyakan wanita Indonesia menggunakan produk – produk pembalut yang biasa kita temukan (tidak sebut merk). Anda menjelaskan banyak produk pembalut yang tidak sehat dan banyak mengandung bakteri. Untuk situasi ini, apakah ini berarti bahwa wanita Indonesia lebih berisiko terkena kanker serviks dan penyakit organ wanita lainnya ? Apakah cukup mengatasinya hanya dengan penggunaan avoil saja?

    • ya… wanita indonesia yang menggunakan pembalut biasa akan beresiko kanker serviks atau penyakit lainnya, karena zat yang terkandung sangat berbahaya.
      untuk pencegahannya yah gunakan pembalut yang berkualitas seperti avail yang terbuat dari kapas alami, pembalut kain,
      yahh boleh-boleh saja sihhh pakai pembalut biasa cuma sering-sering ganti, yahh… hehe🙂

    • mau ikutan komen ya…inget aja kata bu meiry..bakteri itu sebenernya ada dimana2 dan sel kanker itu pasti tumbuh didalam diri kita hanya saja yang membedakan adalah laju pertumbuhannya.tiap wanita beresiko terkena kanker serviks cuma kalo kita mau menjaga kebersihan diri dan mengurangi apa yang dapat memicu sel kanker tersebut tumbuh lebih aktif sih menurut saya mah insya allah jauh dari kanker tersebut gii…avail adalah salah satu produk pembalut yang memiliki kualitas tinggi sama aja sebenernya sama whisper (pembalut sejenis avail) emang sih ada harga ada kualitas🙂

    • iyahh wanita yang menggunakan pembalut biasa tentuny akan beresiko terkena kanker serviks dan penyakit organ lainnya egi,,,
      bukan iavail saja ko,,
      tau ga sih jaman dlu itu sebelum adanya pembalut-pembalut yang bentuk kemasan adanya pembalut kain yang dapat dicuci setelah pemakaian, menurut saya itu aman gi karena tidak mengandung zat kimia begitu juga tidak menguras kantong,,,
      buktinya wanita-wanita jaman dluu pada sehat-sehat kan,,

      tapi memang pembalut kain yang saya maksud itu kurang dalam penyerapan cairan yang keluar
      ada juga pembalut kain dalam bentuk kemasan dapat dilihat di link ini
      http://naturalcrystalx-wanitacantik.blogspot.com/2012/04/siklus-pembalut-wanita-cuci-ulang.html
      http://sari-info.blogspot.com/2011/09/pembalut-kain-gg-menspad.html
      sebenarnya jika tidak ingin beresiko tinggi ketika menggunakan pembalut biasa, dalam pemakaian seringlah diganti, jangan menunggu banyak cairan juga,,,

  4. Informasi yang sangat bermanfaat buat kaum hawa🙂 ada satu pertnyaan ni al, gel alami itu terbuat dari apa yah?

  5. Penelitian siapa bhwa komposisi kimia nya?
    dr.boyke, sebab gel dapt menyebabkan gatal? bukan gel kali tp pembalut biasa?
    pembuatann alris t masuknya ke pembalut biasa, knp tlsannya kok dr bahan kimia bukan bahan alami? bukannya alris t yg bergel ya, ya artinya alami dong…
    ya bnr, klo yg bergelnitu baik dipergunakan untuk kaum wanita, soalnya penyakit yang mematikan tingkat dunia adlah kanker rahim, nh pembalut bergel psti mahal dong, nh bgaimana kaum wanita yg perekonomian rnda,jgnkan bli pembalut bergel, untuk makan aja susas, iu bagaimana ditinjau dari sisi ekonominya? dimana sisi kesehatannya sudah dijelaskan tadi?

    • begini tiaraa… menurut para ilmuan,, dan juga berdasarkan fakta yang ada
      gel yang dimaksud itu adalah gel dari bahan kimia , maka reaksi pada kulit adalah rasa panas, beberapa orang bahkan alergi dengan bahan tersebut sehingga menimbulkan gatal-gatal. Gel dalam pembalut tersebut dari sintetis (berbahan kimiawi) terbuat dari Sodium polyacrylate. Bahan kimia inilah yang mengubah cairan menjadi gel.
      pembalut biasa yang mengandung gel ..
      Pada pembalut airis yang mengandung bahan gel berfungsi menyerap cairan. Sifat gel yang mengikat air mampu mempertahankan permukaan agar tetap kering. Pembalut yang mengandung gel tersebut merupakan gel dari bahan kimia bukan dari bahan alami.. mksudnya itu memang gel yang terdapat pada pembalut airis bukan dari bahan alami atau gel alami… raaa..
      pembalut ber gel yang saya jelaskan tidak baik,, pembalut ber gel itu terdapat di pembalut-pembalut yang 500an ra… klo yang mahal mah yahh pembalut herbal contohnya avail… begituuu

  6. pada pembalut terdapat sebanyak 107 bakteri per milimeter persegi nah pertanyaanya contoh bakteri apa saja yang terdapat di pembalut tersebut? kemudian apakah yang disebut dengan gel pada pembalut itu yang bentuknya butir butir kecil dan dapat terlihat dengan kasat mata?

    • pada pembalut biasa terdapat zat dioxin yang menyebabkan kanker serviks dan juga disebabkan oleh salah satu bakteri merugikan yaitu bakteri klamidia yang dapat menyerang organ kewanitaan pada organ leher rahim

      gel tersebut merupakan gel dari bahan kimia bukan dari bahan alami. gel tersebut terbuat dari Sodium polyacrylate. Sodium Polyacrylate merupakan bahan yang berbentuk serbuk sebagai super absorbent yang hebat, memiliki daya serap lebih dari 100 kali dari beratnya di dalam air. Bahan kimia inilah yang mengubah cairan menjadi gel yang akan menempel di kulit dan menimbulkan alergi. maka reaksi pada kulit adalah rasa panas, beberapa orang bahkan alergi dengan bahan tersebut sehingga menimbulkan gatal-gatal.
      begitu heni hehe😀

  7. bahaya jangka panjang apa yang akan terjadi apabilakita memakai pembalut ber-jel dalam kurun waktu yang cukup lama ?

  8. aal, sekalian promosi ya, haha… tapi al, pembalut herbal kan mahal banget. ada tips lain gak??

  9. its good article.
    mau kasih sedikit info juga ya
    berhati-hati dalam pemilihan jenis pembalut itu sangatlah baik karena tidak semua jenis pembalut berkualitas..alangkah lebih baik apabila kita mengetahui tips-tips memilih pembalut yang benar untuk menghindari diri dari berbagai penyakit-penyakit kewanitaan yang tidak kita inginkan.
    untuk lebih jelasnya dapat dilihat di http://aniesavail.blogspot.com/2012/03/tips-dan-trik-memilih-pembalut-sehat.html
    makasih😀

  10. “Bahan kimia inilah yang mengubah cairan menjadi gel yang akan menempel di kulit bayi dan menimbulkan alergi”
    apakah maksud anda pada pampers yang digunakan bayi?

  11. al perlu dijelaskan kembali maksud dari kata “”woww tidak disangka yah..???” bakteri tersebut ditemukan di atas pembalut wanita biasa, kondisi inilah yang membuat pembalut biasa menjadi sumber sarang pertumbuhan bakteri merugikan, meski pembalut biasa hanya dipakai selama 2 jam saja. Bayangkan banyaknya bakteri pada permukaan seluas pembalut, apalagi jika dipakai lebih dari 2 jam. Pada umumnya kebanyakan bakteri itu bersifat merugikan, tentunya ada juga bakteri yang menguntungkan.”
    kira2 ada gak bakteri yang menguntungkan pada pembalut ?

    • maaf zar maksud diatas bahwasannya tidak ada bakteri yang menguntungkan dalam pembalut biasa atau pembalut yang tidak berkualita tersebut, melainkan hanya bakteri merugikan, adapun pembalut yang sehat dan aman digunakan itu tidak mengandung bakteri….
      memang pada pembalut biasa mengandung bakteri merugikan, dan bakteri mnguntungkan itu terdapat pada minuman youghurt misalnya

  12. artikel yang menarik,, sangat penting untuk seorang wanita tahu tentang ini,,,🙂

    nah,, jenis bakteri apa yang terdapat pada pembalut wanita itu,, dan apa pengaruhnya bagi tubuh bila memakai pembalut yang terdapat bakterinya?

  13. umi,, trus bagaimana dengan pembalut yang herbal2 itu? apa itu baik di gunakan untuk usia seperti kita?

    • iya dini itu baik digunakan namun memang harganya cukup mahal karena pembalut” herbal tersebut terbuat dari bahan dasar 100 % kapas. Diolah dengan bio teknologi, mengandung herbal dan anti septik alami, bebas dari bahan-bahan kimia. Pastinya akan terasa aman dan sehat selalu….🙂

  14. “Menurut Dr. Boyke, pemberian pemutih atau pewangi buatan pada pembalut, maka dikhawatirkan akan timbul reaksi alergi, yang bisa berlanjut ke keputihan dan radang atau infeksi.” namun, sekarang ini pembalut avail lagi hits2 karena memiliki banyak manfaat seperti mengatasi keputihan, dan pembalut tersebut beraroma mint. hal ini sagat bertolak belakang dengan pernyataan Dr. Boyke tersebut. lalu, yag benarnya gimana al? apakah pembalut avail itu benar2 bermanfaat atau malah merugikan seperti yang dijelaskan oleh dr. boyke. tx

    • hemm pembalut avail itu tidak mengandung pemutih atau pewangi mel, avail itu produk pembalut aman, sehat yang tidak terbuat dari bahan kimia, dan bukan dar kertas i daur ulang melainkan dari bahan dasar 100 % kapas. Diolah dengan bio teknologi, mengandung herbal dan anti septik alami,,,

      fungsi pembalut avail itu dapat membuang gumsebagai palan darah dalam Rahim, mencegah kanker Payudara, kanker Rahim, mencegah Myom, Kista, meningkatkan keharmonisan rumah tangga, Dapat mengurangi nyeri pada Ambeien, Baik bagi wanita yang baru melahirkan, mempercepat pengeluararan darah kotor, serta mempercepat penyembuhan bekas jahitan.
      tapi memang harganya cukup mahal tapi jika kamu sayang terhadap organ kewanitaan anda dan tidak ingin terjadi suatu hal yang berbahaya maka gunakanlah😉

      • yang saya permasalah kan disini adalah aroma dari dari avail itu al🙂 soalnya melia juga pernah pake , dan pembalut tersebut wangi beraroma mint, apakah aroma mint itu asli aroma dari bahan herbal yang digunakan? contoh dari bahannya apa al?

        • ohh begitu yah… aroma yang terdapat pada pembalut avail bukan pewangi buatan pada pembalut, seperti yang dikatakan oleh Dr. Boyke,, melainkan daun mint Daun peppermint atau biasa disebut daun mint adalah sejenis tanaman perdu. Tanaman mint berasal dari benua Eropa. Tanaman ini bisa tumbuh di mana saja seperti di benua Eropa, Asia, Afrika, Australia dan Amerika Utara.
          Tanaman mint adalah tanaman aromatic dikenal sebagai salah satu tanaman herbal tertua di dunia. Daun mint mempunyai kandungan minyak essensial menthol dan menthone. Dari semua species yang ada peppermint paling banyak mengadung menthol (90%), yaitu sejenis fitokimia. Selain itu daun mint juga mengandung flavonoid, phenolic acids, triterpenes, vitamin C dan provitamin (precursor vitamin) A, mineral fosfor; besi; kalsium dan potasium.
          dapat dibaca juga di link ini
          http://www.availmember.com/index.php/komposisi-pembalut-avail

  15. seperti yang telah saya rasakan sendiri,menggunakan pembalut yang bergel memang sungguh tidak nyaman. apakah hanya avail solusi yang tepat menggunakan pembalut yg aman?

  16. selain bebahaya pembalut ber-gel juga menimbulkan masalah dalam pencucian dan pembuangan pembalutnya, jadi bagaimana cara membersihkan pembalut ber-gel agar tidak mencemari lingkungan?

    • benar sekali, karena saya juga sering kesulitan untuk menyuci,, tapi teknis yang saya lakukan dalam mencucinya yaitu dengan merobek da menghancurkan pembalut tersebut sehingga gel tersebut terpisah dari pembalut tersebut dan melebur
      begitu wi hehe🙂

  17. jadi gimana niada alternatif lain ga mi kalo kita lagi menstruasi pake apa?abis bermacam macam bakteri ada pada pembalut jadi agar kita sendiri aman dan ga was was

    • hem hem hem… benar juga rika,,,, yah sebenarnya sihh menggunakan pembalut biasa aja itu ga apa” tapii.. ada tapinya nihh..
      kita harus sering menggantinya rika agar tidak menimbulkan efek yang fatal pada organ kewanitaan kita,
      tau ga sih jaman dlu itu sebelum adanya pembalut-pembalut yang bentuk kemasan adanya pembalut kain yang dapat dicuci setelah pemakaian, menurut saya itu aman rika karena tidak mengandung zat kimia begitu juga tidak menguras kantong,,,
      buktinya wanita-wanita jaman dluu pada sehat-sehat kan,,
      tapi memang pembalut kain yang saya maksud itu kurang dalam penyerapan cairan yang keluar
      rika,,,, begitu rikaa…😉

  18. Nice article aal🙂 …
    bagus banget informasinya nih…
    jadi, daripada pake pembalut yang ada gelnya, lebih baik pake pembalut yang gak ada gel nya ya.. ??

    • terima kasih tika….
      iyahhh tapi pembalut yang tidak ada gelnya juga harus berkualitas tik, yang bukan terbuat dari bahan kertas daur ulang melainkan kapas alami,
      contohnya pembalut avail, dan banyak lagi pembalut yang berkualitas tinggi sehingga jika dipakai akan terasa aman dan sehat,
      yah memang mahal juga tapi jika sayang terhadap organ kewanitaan kita apa sih yang ga hehe🙂

  19. menyambung jawaban saudari aal, kan katanya contoh pembalut yang baik digunakan itu adalah pembalut yang terbuat dari kapas alami, yaitu pembalut avail. Nah yang ingin saya tanyakan, apakah komposisi dari pembalut avail tersebut sehingga menimbulkan rasa nyaman dan aman,,,?

    • komposisi yang terkandung dalam avail yaitu
      Mai Fang Shi: Bahan herbal alami yang berkhasiat mengurangi bau busuk, mencegah perkembangan virus, bakteri dan kuman.

      Peppermint: Bahan herbal alami yang umum dipakai masyarakat luas untuk berbagai ramuan maupun aneka produk kesehatan, peppermint memiliki membuang angin, mengurangi rasa panas, serta untuk mengatasi gatal-gatal.

      Ming Fang: Bahan herbal yang sering dipakai dalam ramuan obat-obatan, yang memiliki beberapa khasiat utama sebagai anti septik, membersihan darah beku dalam rahim.

      Bing Pian: Bahan herbal yang memiliki khasiat yang ada hubungannya dengan otot dan persendian, diantaranya mengurangi tekanan dan mengurangi sakit pada otot dan persendian.

      Kuai Mu You: Bahan herbal yang dipercaya berkhasiat pada kulit, selain itu juga dipercaya untuk meningkatkan sistem peredaran

  20. Lantas solusi apa yang bisa penulis tawarkan agar para wanita kalau bisa berhenti mengurangi pemakaian pembalut bergel mengingat bahayanya kanker rahim….

    • hem sebenarnya untuk kalangan wanita yang memakai pembalut ber gel sudah jarang sebab pembalut tersebut selain berbahaya tetapi susah dicucinya dian, seperti saya ini hehe:)
      tetapi untuk mengatasi pengurangan pemakaian pembalut biasa yang tidak mengandung gel menurut saya akan lebih susah, tetapi bukan karena mereka tidak ingin memakai produk yang sehat namun ini ada kaitannya dengan tingkat ekonomi, kan pembalut yang sehat dan aman dipakai itu harganya mahal dian,
      jadi mungkin saya hanya dapat menghimbau untuk kaum wanita jika memakai pembalut biasa agar sering dicuci agar mengurangi pertumbuhan bakteri pada pembalut tersebut.
      bisa juga memakai pembalut kain lohh yang dapat dicuci ulang dan dipakai kembali, mungkin ini yang saya tawarkan kepada kaum wanita. dapat dibaca pada link ini http://sari-info.blogspot.com/2011/09/pembalut-kain-gg-menspad.html
      walaupun cukup mahal juga tetapi dapat dicuci dan dipakai kembali, tidak seperti pembalut avail contohnya yang sekali pakai namun harganya agak sama sama pembalut kain…
      terimakasih….🙂

  21. aal muti mau nambahin ya, menurut salah satu sumber yang muti baca ada cara untuk mengetes apakah pembalut wanita itu berdioksin atau tidak caranya cukup mudah. Lapisan dalam pembalut (seperti kapas) dibuka kemudian dimasukan dalam air. Satu jam kemudian perhatikan, lapisan dalam tersebut pasti akan hancur jika terbuat dari kertas daur ulang, tapi jika air rendamannya jadi sangat keruh keputihan, itu artinya pembalut kita tidak aman karena mengandung dioksin atau zat pemutih yang banyak. ika pembalutnya hancur tapi air tidak keruh maka dalam hal ini bisa dikatakan pembalut kita masih juga kurang aman karena jika hancur sudah berarti berbahan dasar kertas daur ulang. Kita tidak bisa memprediksi seberapa besar kadar dioksinnya, karena pengetesan ini sekedar pengetesan yang sederhana tanpa bantuan alat lab yang canggih. Tapi selebihnya, jika tidak hancur, pembalut itu aman dipakai.
    sumber: http://healindonesia.com/2009/02/09/waspadai-zat-penyebab-kanker-dalam-tissue-dan-pembalut-anda/

  22. emang kenapa wanita harus pake pembalut? pembalut yang baik harus terbuat dari apa? kenapa juga harus pake gel?

    • Begini mad untuk kalangan wanita tentunya akan mengalami siklus mensturasi, pada masa ini akan mengeluarkan cairan (darah), nah untuk mengatasi hal tersebut diperlukannya lah pembalut untuk menyerap cairan tersebut.
      Pembalut yang baik dan sehat yaitu pembalut yang terbuat dari bahan kapas alami, bukan dari kertas daur ulang, dan bebas dari zat-zat kimia (zat dioxin), sehingga tidak ada bakteri yang membahayakan organ kewanitaan. Ada juga yang terbuat dari ekstrak daun sirih. Dapat dilihat khasiat ekstrak daun sirih tersebut di link ini
      http://www.lestari.info/2012/05/pembalut-ekstrak-daun-sirih-bebas-bahan.html
      pemalut ber gel itu mempunyai fungsi untuk penyerapan agar permukaan pembalut pada saat digunakan agar tetap kering karena gel memiliki daya serap yang tinggi, tetapi kamu harus teliti gel yang seperti apa yang terdapat dalam pembalut dan Efek gel tersebut. Gel yang membahayakan adalah gel yang terbuat dari bakan kimia yang menyebabkan iritasi dan gataal-gatal.

  23. wah sensitif banget kalo ngmongin pembalut ama cowok… seberapa bagus sih tingkat penyerapan cairan pada pembalut bergel itu?apakah tingkat penyerapannya itu lebih baik di banding pembalut biasa ataupun herba?

    • ya penyerapannya tinggi dibandingkan dengan pembalut yang tidak mengandung gel atau pembalut biasa, Gel dalam pembalut ada dua dari sintetis (berbahan kimiawi) terbuat dari Sodium polyacrylate. Sodium Polyacrylate merupakan bahan yang berbentuk serbuk sebagai super absorbent yang hebat, memiliki daya serap lebih dari 100 kali dari beratnya di dalam air.
      pembalut herbal juga ada yang mengandung gel tetapi gel tersbut terbuat dari bahan alami sehingga tidak menyebabkan iritasi atau gatal-gatal. begitu rei..

      • waahhh…good infonya,,ternyata pembalut juga banyak ilmunya yaa…walaupun kami para pria sangat sensitif apabila ngmongin pembalut itu

        • iyah rey.. jadi jangan jadikan sesuatu yang kecil disepelekan malah hal spele itu masih banyak yang belum kita ketahui dari sudut dampak negatifnya maupun positifnya….
          haha iya sangat sensiitif karena pembalut hanya berperan untuk kalangan wanita saja, tetapi apa salahnya untuk kalangan pria juga mengetahui hal ini. ilmu itu tak ada yang sia-sia semuanya akan bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain
          terima kasih🙂

  24. good article untuk aal🙂
    saya membaca sebuah sumber yah, dan sumber itu mencirikan bahwa softex yang bergel itu jika dicucui maka kapasnya akan hancur sedangkan yang non bergel itu jika dicuci dia tidak akan hancur meskipun sudah terkena air, nah apakah ituu benar saudari aal? terimakasih maaf saya lupa alamat sumber tersebut🙂

  25. artikel yang bagus….
    pembalut airis itu apa yah al? aku gatau upzz
    oiya katanya gel itu mampu menyerap cairan yah, kok bisa sih? jadi selama ini jika kita menggunakan pembalut bergel itu darah kita diserapnya oleh gelnya yah bukan oleh kapasnya?

    • maaf zilah maksud di atas itu pembalut airiz,,, pembalut airiz itu memiliki lapisan Super tipis namun memiliki daya serap yang Tinggi sehingga tidak bocor dan serasa tidak memakai pembalut. Beraktifitas jadi lebih nyaman tidak pengap karena memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. AiRiZ merupakan pembalut wanita yang super higienis karena memiliki lapisan anti bakteri yang mampu mengatasi keputihan hingga mencegah kanker serviks. dan pembalut airiz juga mempunyai mau tau selengkapnya
      kamu dapat membaca di link ni 8 lapisan.. http://evoucher.co.id/deal/Pembalut-Wanita-AiRiZ..
      pembalut gel berati didalamnya mengandung gel yang berfungsi menyerap cairan, pembalut biasa juga yang tidak mengandung gel dapat menyerap cairan tetapi pembalut gel daya serapnya lebih tinggi zilah…

  26. artikel yang bagus untuk dibaca, khususnya bagi kaum hawa. kira-kira ada ga solusi lain selain mengganti pembalut biasa dengan pembalut herbal / alami? soalnya yang saya tahu pembalut herbal itu kan mahal ya. jadi, bagi kita yang mahasiswi rasanya berat, apalagi pemakaian pembalut kan ga cuma 1 x/ hari? terima kasih

    • terima kasih saudari marlina.. yah memang pembalut herbal itu harganya sangat mahal, kamu boleh-boleh saja memakai pembalut biasa namun sering-sering lah ganti agar pertumbuhan mikroba tidak terlalu menyebar. ada juga pembalut kain yang harganya agak sama dengan pembalut herbal, tetapi pembalut kain ini dapat dicuci dan digunakan kembali sehingga tidak terlalu menguras kantong, beda halnya dengan pembalut herbal yang sekali pakai…. dan pembalut kain ini bebas dari bahan-bahan kimia yang membahayakan. jika ingin tau contoh-contoh pembalut kain kamu dapat membuka link ini
      http://www.clodistore.com/category.php?id_category=24
      ada juga dengan menggunakan pembalut kain biasa.. kamu pasti tau kan jaman dlu itu orang-orang dlu sebelum adanya pembalut yang dikemas mereka menggunakan pembalut kain yang terbuat dari kain biasa misalkan dri kain sarung atau sebagainya. tetapi memang daya serapnya kurang sehingga dihawatirkan cairan dapat berceceran dimana-mana….

  27. ooh jd bener ya
    pembalut yg dijual2 itu
    dr kertas daur ulang?
    oiya kan ada tuh yg jual
    pembalut herbal gt kalo
    gak salah, katanya itu ga
    pake kertas daur ulang,
    apa bener gt? trs apa yg
    pembalut itu lebih aman
    buat digunakan apa sm
    aja?

    • iya achla pembalut biasa itu dari kertas daur ulang bukan kapas asli makanya harganya juga lebih murah dibandingkan dengan pembalut yang terbuat dari kapas asli. contoh pembalut yang terbuat dari kapas asli adalah pembalut avail dan sebagainya. tentunya pembalut herbal yang mahal itu aman dipakai dibanding pembalut biasa yang ada di toko-toko. karena pembalut herbal bebas dari bahan kimia yang menyebabkan segala penyakit pada organ kewanitaan.

  28. artikel yg bermaanfaat buat wanita agar tidak sembarangan dlm memilih pembalut. makasih aal atas informasinya.. sy mau nanya apakah pembalut bergel bisa menyebabkan keputihan?

    • iya anggun sangat bermanfaat sekali…
      pembalut ber gel akan menyebabkan iritasi dan gatal-gatal. dalam penggunaan pembalut ini akan menyebabkan perkembangan bakteri, jamur (Candida albicans ) yang menyebabkan keputihan

  29. penting bgt nih artikelnya buat kaum hawa, salah2 pilih pembalut malah bisa mendatangkan penyakit yg parah. sebaiknya kaum hawa harus lebih selektif lg dalam memilih pembalut😀

  30. uh penting banget-banget malah,,,
    apa lagi itu akan mnyebabkan penyakit pada organ intim… hemmm jaga baik-baik organ intim mu yah hahaha🙂

  31. Wah, artikelnya bermanfaat banget de,,jadi tau bahaya pembalut bergel. oh ya aku nambahin nih cara menguji pembalut berdioksin, yaitu lapisan dalam pembalut (seperti kapas) dibuka kemudian dimasukan dalam air. Satu jam kemudian perhatikan, lapisan dalam tersebut pasti akan hancur jika terbuat dari kertas daur ulang, tapi jika air rendamannya jadi sangat keruh keputihan, itu artinya pembalut Anda tidak aman karena mengandung dioksin atau zat pemutih yang banyak. Tapi bagaimana jika hancur tapi air tidak keruh? Dalam hal ini bisa dikatakan pembalut Anda masih juga kurang aman karena jika hancur sudah berarti berbahan dasar kertas daur ulang. Kita tidak bisa memprediksi seberapa besar kadar dioksinnya, karena pengetesan ini sekedar pengetesan yang sederhana tanpa bantuan alat lab yang canggih. Tapi selebihnya, jika tidak hancur, pembalut itu aman dipakai (http://healindonesia.com/2009/02/09/waspadai-zat-penyebab-kanker-dalam-tissue-dan-pembalut-anda/).

  32. tar kalo dah punya bini gua kasih tau ah ternyata pembalut bisa berbahaya…

    • hemm ga nunggu sampae punya istri juga kali k…. bisa juga share info ini ke temen kk, atau pacar kk gitu….
      yah sama siapa saja bisa, karena bila ilmu diamalkan akan berbuah (al-ilmu bila a’malin kassyajarin bila tsamarin)

  33. Dan katanya dioxsin tersebut bisa menyerap ke dalam rahim. Bila darah haid (bersifat panas) jatuh ke permukaan pembalut , maka zat dioxin akan dilepaskan melalui proses penguapan. Uap tersebut pertama-tama akan mengenai permukaan vagina, kemudian diserap ke dalam rahim melalui saluran Serviks, lalu masuk ke uterus, melalui tuba fallopi dan berakhir di ovarium. Sehingga menyebabkan : kanker leher rahim, gatal-gatal, myoma dan lain-lain.
    Ada beberapa kontroversi yang harus Anda ketahui, bahwa dioksin memiliki titik didih 446,5 derajat celcius. Senyawa ini juga tidak bisa larut di dalam air. Sumber: http://lovira.com/mengenal-bahaya-dioksin-pada-pembalut-wanita/#ixzz2DXQUScRd
    http://ik.pom.go.id/katalog/2,3,7,8-tetraklorodibenzo-p-dioxin.pdf
    lalu bagaimana bisa zat dioksin dilepaskan melalui proses penguapan setelah darah haid jatuh ke permukaan pembalut ? apakah darah haid bgtu panas sehingga membuat dioksin menguap ??

  34. artikel yang bagus al, menambah pengetahuan. saya justru baru tau bahwa gel tersebut dapat membahayakan kesehatan kita. terimakasih al atas infonya🙂

  35. bagaimana menurut aal kalau menggunakan pembalut herbal??

    • kalo menurut al sih dibandingkan menggunakan pembalut biasa lebih baik menggunakan pembalut herbal yang terbuat dari kapas murni dan bebas dari bahan-bahan kimia sehingga tidak menyebabkan penyakit. beda halnya dengan pembalut biasa yang ada di tiko-toko terdekat yang mengandung zat-zat kimia yaitu dioksin yang akan menyebabkan kanker serviks dan juga terdapat banyak bakteri di dalamnya serta terbuat dari kertas daur ulang. memang harga pembalut herbal itu cukup mahal dan sangat menguras kantong. solusi lain boleh-boleh saja menggunakan pembalut biasa tetapi sering-sering lah mengganti pembalut, jangan sampai menunggu lembab…..
      terima kasih,🙂

  36. mereka para wanita akan berpendapat sama sepertinya hehe
    makasih dik, infonya

  37. oh iya, sekedar info nih buat temen – temen
    Temen saya pernah eksperimen sendiri, kalo pake avoil saat tidak halangan, avoil juga bisa dijadikan obat, karena sifatnya yang herba. Kalo kita memiliki penyakit tertentu nanti setelah pemakaian avoil akan keluar bercak – bercak kuning, Tapi, saya sendiri kurang tahu, karna belom eksperimen🙂 Silahkan berekperimen teman – teman. Siapa tau aja ternyata benar🙂

  38. aslm mbaaaa mbaaaa yg dirahmati ALLAH., aq mau tanya niyyy..aq memakai yg gel niyy lalu membersihkan gel² itu sperti apa yaaaa..ehh bgaimana gittuu ntk membersihkan’a dgn cara yg baik dan benar .,🙂 trims

  39. wah ternyata ada juga ya pembalut yang tidak aman. harus di waspadai nih…

    mau aman? kunjungi aja Dunia Cewe

  40. ijin coste yaa mbaa.. sy sertakan juga sumbernya.. terimakasih sebelumnya🙂

  41. Ass,
    kak,, saya mau nanya nech,,, saya juga masih bingung,,katanya kalo pembalut yang dari kapas itu g’ hancur,,,
    trus sya pernah mencoba melihat pembalut yang biasa ada di pasaran dengan cara mengetes satu persatu, dan hasilnya
    1. pembalut yag pertama itu inti pembalutnya g’ mudah hancur,, tapi permukaannya lembab.
    2. pembaut yang kedua permukaannya kering dan inti pembalut mudah sekali hancur
    3. pembalut yang ketiga, permukaannya kering, mengandung jel dan mudah sekali hancur

    manakah yang lebih bagus dari pembalut yang saya sebutkan,, mohon bantuannya😀 terima kasih,

  42. Ass,
    Saya mau numpang info saja, kalau di Youtube banyak sekali video tentang Pembalut daur ulang yg berbahaya, gak ada salahnya teman-teman coba menyimak di youtube. saya tidak promosi produk, hanya kita sesama wanita mengingatkan saja berbagai bahaya yg mengancam. terima kasih

  43. assalamu’alaikum wr wb.
    tapi kan , tadi di terangkan pembalut avail itu mengandung gel dan serbuk herbal . nah adakah dampak dari gel dan serbuk herbal itu sendiri ,seperti yang di terangkan oleh Dr. boyke. Sebab gel dalam pembalut kebanyakan dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan timbulnya rasa gatal yang mengandung 70 persen jamur Candida albicans. Candida albicans secara mikroskopis berbentuk oval dengan ukuran 2-5 x 3-6 mikron. karena ada juga orang yang gatal2 menggunakan pembalut ber-gel ?

  44. Tetapi avail menggunakan bahan gel jg trs ada bau2nya gt apakah aman?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s